Cara Optimasi Web WordPress untuk Kecepatan Akses

CARA OPTIMASI PAGE SPEED WORDPRESS

Cara optimasi web wordpress yang tepat akan membantu Anda mengoptimasi web WordPress yang dimiliki agar menjadi semakin cepat. Pada dasarnya WordPress merupakan platform yang sudah dikode dengan sangat baik. Beberapa pengguna terkadang mengacaukan instalasi WordPress yang dimiliki dengan memasang plugin kualitas rendah, memenuhi situs dengan elemen-elemen yang sejatinya tidak dibutuhkan dan memilih host web yang buruk.Kecepatan loading website ini akan mempengaruhi hasil jasa backlink yang Anda order dalam rangka mengoptimasi SEO website Anda

Pentingnya kecepatan website

Sebenarnya Anda memiliki waktu yang sangat sedikit untuk menarik perhatian pengunjung website dan meyakinkan mereka untuk tinggal lebih lama mengeksplore website lebih lanjut. Jika waktu loading website lambat, kemungkinan besar pengunjung akan meninggalkan website Anda bahkan sebelum website selesai loading. Hal ini tentu memberikan dampak yang kurang baik pada menurunnya traffic website.

Sebuah penelitian mengatakan, jika waktu loading website lebih dari 3 detik maka kemungkinan besar Anda kehilangan hampir separuh dari total pengunjung website. 1 detik keterlambatan pada waktu loading website dapat mengurangi conversion rate sebesar 7%.

CARA OPTIMASI PAGE SPEED WORDPRESS

Tentu Anda juga sudah mengetahui bahwa kecepatan website menjadi salah satu faktor SEO yang perlu dioptimasi. Saat ini, Google dan beberapa mesin pencari lainnya mulai memberikan penalti pada website yang memiliki durasi loading lama dan mengantarkan mereka pada peringkat terbawah mesin pencari. Jika Anda menginginkan jumlah subscriber yang banyak dan traffic yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan dari website, maka memastikan waktu loading website Anda cepat menjadi sebuah keharusan.

Waktu loading website yang tergolong cepat adalah 2 detik, namun jika Anda bisa membuatnya berada di bawah angka tersebut maka akan semakin baik. Cobalah untuk mengecek kecepatan akses website dengan menggunakan GTMetrix dan beberapa tools yang difungsikan untuk mengecek kecepatan website. Dengan menggunakan bantuan tools tersebut, Anda bisa mengecek kecepatan akses website dari lokasi yang berbeda-beda.

Cara optimasi web WordPress

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara optimasi web wordpress, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memperlambat kerja website seperti berikut:

  1. Web hosting yang tidak dikonfigurasi dengan benar.
  2. Konfigurasi WordPress yang kurang tepat, tidak adanya data halaman yang sudah di-cache pada website dapat membuat server overload sehingga website akan menjadi lambat hingga crash.
  3. Ukuran halaman yang terlalu besar, karena mengandung banyak gambar dan video.
  4. Menggunakan plugin yang dikode dengan buruk.
  5. Keberadaan external scripts seperti ads dan font loaders yang dapat memberikan impact cukup besar pada performa kerja website.

Meskipun Anda tidak melakukan hal serupa, ada banyak bagian pada website yang perlu diperbaiki demi mengoptimasinya. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi website WordPress yang dimiliki:

  1. Memilih hosting yang bagus

Memiliki kecepatan akses yang baik dengan didukung hosting yang kurang berkualitas tentu akan cukup sulit diraih. Pilihlah hosting berkualitas yang menawarkan berbagai fitur seperti Ruby on Rails, PostgreSQL, GIT, Phyton, SVN, Grade A SSL, Selectable all PHP versions dan modules.

  1. Optimasi tema website

Kebanyakan orang cenderung memilih tema yang menarik untuk mengambil perhatian para pengunjungnya. Akan tetapi jarang disadari jika tema tidak hanya dilihat dari sisi visualnya saja, tema juga memberikan pengaruh pada kecepatan loading website. Pastikan Anda menggunakan banyak tema yang mendukung optimasi kecepatan akses. Tema dengan banyak fitur dan pilihan memang akan mempermudah pengaturan layout akan tetapi hal tersebut membuat server dan browser bekerja lebih keras. Cobalah untuk menggunakan tema default WordPress yang sudah dikoding dengan baik, mudah diedit dan berukuran kecil. Setelah itu edit coding sesuai kebutuhan atau bisa menggunakan web developer. Anda juga perlu memastikan jika tema yang digunakan responsif.

  1. Me-monitor plugin yang digunakan

Pertama, minimalkan jumlah plugin yang digunakan. Sebelum menginstal plugin, pertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Memiliki banyak plugin tidak akan memberikan pengaruh pada kecepatan website, akan tetapi hal ini dapat meningkatkan resiko penginstalan plugin yang memiliki akibat buruk. Kedua, pastikan jika plugin sudah dioptimasi untuk versi WordPress yang sedang digunakan. Memiliki loading website yang cepat dapat dilakukan dengan mengaplikasikan cara optimasi web wordpress.